Fahri Hamzah Sentil Parpol Oposisi Jangan Cuma Planga-plongo, Sindir PKS?

Senin, 30 Agustus 2021 11:03

Fahri Hamzah (ist)

Menurutnya, jika seorang anggota DPR lebih taat kepada kabinet apapun posisi partainya maka dia tidak paham makna kongresional.

“Tapi seorang anggota DPR yang partainya di luar kabinet tapi tetap mingkem lebih sulit dimengerti lagi. Apa guna inunitas dan kekebalan hukum?” sorotnya.

Jadi, kata dia, banyak partai yang tidak tahu cara oposisi dalam presidensial. Bicara “kami oposisi” tapi faktanya parlemen justru sepi dari orang cerewet.

Kalau DPR RI sepi artinya sesungguhnya oposisi sudah tidak ada. Hanya dengan mengembalikan daulat rakyat maka oposisi tegak.

Wakil Ketua Umum Partai Gelora itu menyatakan, ketika media massa, media sosial sampai mural bisa dihentikan, harusnya hak bertanya anggota DPR tidak bisa dihentikan oleh siapapun.

“Satu mulut anggota DPR RI saja bisa bikin banyak berita apalagi satu fraksi atau partai. Masalahnya mereka juga bingung mau bicara apa?” imbuhnya.

Sekarang, ketika semua terasa dihapus dan ditakedown, maka semua nampak bisa dihentikan. Tapi parpol di DPR RI tidak sadar bahwa konstitusi menjamin adanya fungsi oposisi dan pengawasan. Bahwa ada yang tidak bisa dihentikan yaitu mulut anggota DPR RI yang dijaga imunitasnya.

Bagikan berita ini:
5
5
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar