Penyuap Eni Maulani Saragih Divonis Bebas, KPK Respons Begini

Senin, 30 Agustus 2021 21:01

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri. (Humas KPK/Antara)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meyakini bukti-bukti yang disertakan dalam perkara Pemilik PT Borneo Lumbung Energi dan Metal (PT BLEM), Samin Tan, kuat sejak tahap penyelidikan, penyidikan, hingga penuntutan. Hal ini menyikapi vonis bebas terhadap penyuap mantan Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Eni Maulani Saragih.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, hal ini terbukti sesuai fakta hukum di persidangan. Menurutnya, majelis hakim mempertimbangkan adanya pemberian uang dari Samin Tan kepada eks Anggota DPR dari Fraksi Golkar, Eni Maulani Saragih.

“KPK juga meyakini bahwa terdapat bukti permulaan yang cukup, yang kemudian diperdalam pada proses penyidikan,” kata Ali dalam keterangannya, Senin (30/8).

Juru bicara KPK bidang penindakan ini menyatakan, seluruh rangkaian perbuatan Samin Tan pun telah diuraikan dalam surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK. Meski demikian, KPK tetap menghormati putusan majelis hakim dan juga independensi peradilan.

“Namun demikian, Tim JPU KPK telah langsung menyatakan kasasi di depan persidangan,” ucap Ali.

Bagikan berita ini:
8
3
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar