Berkunjung ke Tanah Leluhur di Bone, Jubir Presiden Dapat Gelar Adat

Rabu, 1 September 2021 21:50

Foto: Agung Pramono/FAJAR

FAJAR.CO.ID, BONE — Juru Bicara Presiden RI atau Staf Khusus Bidang Komunikasi, Fadjroel Rahman, berkunjung ke Bumi Arung Palakka, Bone selama dua hari.

Alumni Universitas Indonesia (UI) itu disambut secara adat di Rumah Jabatan Bupati Bone Selasa, 31 Agustus kemarin. Disambut dengan Prosesi Teddung Pulaweng, Tarian Pa’duppa, Prosesi Angngaru, dan Pengalungan bunga.

Selain itu dia memperoleh piagam tanda kehormatan dari Dewan Adat Saoraja Kabupaten Bone. Ia dianugerahi gelar nama Bugis, I Palattui Daeng Manrapi. Uang aftinya I Palattui Daeng Manrapi ini memiliki arti sosok cendekiawan, pemikir yang arif dan bijaksana, serta punya kemampuan menyampaikan kebenaran demi kepentingan bangsa dan tanah air yang diamanahkan oleh negara.

Fadjroel mengaku keluarganya memang berdarah suku Bugis Bone. Selain tentunya memiliki darah Banjar, Kalimantan Selatan.

“Alhamdulillah, saya tetap mengakui semuanya orang Bone itu adalah keluarga besar dan saudara. Kami juga memiliki ikatan darah dua kerajaan Bugis dan Banjar sehingga kedua ikatan tersebut hingga saat ini berkembang di seluruh wilayah Kalimantan Selatan dan Timur,” katanya kemarin.

Bagikan berita ini:
5
8
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar