Proses Konstruksi Bendungan Karalloe Rampung, Ini Harapan Menteri PUPR

Rabu, 1 September 2021 20:10

Proses Impounding atau penggenangan awal Bendungan Karalloe yang terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. (dok Nind...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Proses konstruksi Bendungan Karalloe yang terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan telah rampung. Bendungan berkapasitas 40,53 juta m3 tersebut mulai dilakukan Impounding atau penggenangan awal. Nantinya, bendungan tersebut akan bermanfaat untuk menjaga kontinuitas suplai air irigasi ke lahan pertanian di wilayah Gowa, Sulsel.

Pada pelaksanaannya, PT. Nindya Karya dipercaya sebagai kontraktor pelaksana Pembangunan Bendungan Karalloe oleh Kementerian PUPR, melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan-Jenebarang, Ditjen Sumber Daya Air.

Bendungan Karalloe memiliki luas genangan 248,50 Hektar, suplai air bendungan ini akan digunakan untuk mengairi lahan irigasi seluas 7.004 Hektar, sumber air baku 440 liter/detik, pembangkit listrik mikrohidro 4,5 MW, dan pengendali banjir untuk Kabupaten Gowa sebesar 49 m3/detik.

Selain berfungsi sebagai konservasi air, bendungan Karalloe juga memiliki potensi sebagai destinasi pariwisata karena di sekelilingnya terdapat hutan sehingga udaranya masih sejuk dan bersih. Bendungan yang lokasinya berjarak 137 Km ke arah Tenggara Kota Makassar, tepatnya di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa itu juga diharapkan dapat membantu petani untuk meningkatkan intensitas tanamnya.

Bagikan berita ini:
4
7
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar