Angkat Kualitas Pendidikan Agama, Kementerian Agama Alokasikan Anggaran Rp55,85 Triliun

Kamis, 2 September 2021 22:53

Yaqut Cholil Qoumas

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Agama mengalokasikan anggaran Rp55,85 triliun untuk fungsi pendidikan. Nilai tersebut setara 84,05 persen dari total pagu anggaran 2022 sebesar Rp66,45 triliun.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan anggaran senilai Rp55,85 triliun akan diperuntukan bagi fungsi pendidikan agama. Sehingga kualitas pendidikan agama semakin meningkat.

“Untuk tugas dan fungsi Kemenag yang terkait dengan madrasah, pendidikan agama dan pendidikan keagamaan dalam rangka peningkatan aksesibilitas dan kualitas pendidikan umum berciri agama, pendidikan agama pada satuan pendidikan umum, serta relevansi kebutuhan pendidikan dengan kebutuhan masyarakat daya saing lembaga pendidikan tinggi keagamaan,” ujarnya saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Kamis (2/9).

Sementara sisa pagu anggaran senilai Rp10,59 triliun akan digunakan untuk fungsi agama. Anggaran itu digunakan untuk peningkatan kualitas umat beragama dalam menjalankan ibadah/ritual dan sosial, penguatan kualitas moderasi beragama dan kerukunan umat beragama. Selain itu, peningkatan umat beragama yang menerima layanan keagamaan serta kegiatan dukungan manajemen penelitian pendidikan, pelatihan, dan pengawasan fungsi agama.

Bagikan berita ini:
1
5
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar