Beber Pertemuan dengan Taliban, Menlu Retno Marsudi Sampaikan 3 Pesan Penting

Kamis, 2 September 2021 15:20

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menceritakan pertemuannya dengan perwakilan Taliban pada 26 Agustus lalu. Dalam pertemuan, Retno menyampaikan tiga pesan setelah Taliban berhasil merebut kekuasaan Afghanistan.

Menurut dia, ada tiga poin yang disampaikannya dalam pertemuan tersebut, pertama, pentingnya pembentukan pemerintah yang inklusif di Afghanistan.

Ia menjelaskan poin kedua, harus ada jaminan Afghanistan tidak dijadikan sebagai tempat latihan bagi aktivitas kelompok teroris yang dapat mengancam keamanan dan stabilitas kawasan serta dunia. Ketiga, pentingnya penghormatan terhadap hak-hak perempuan.

“Satu-satunya keinginan Indonesia adalah melihat Afghanistan damai, stabil, dan makmur,” kata Retno saat Rapat Kerja Komisi I DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (2/9).

Ia menjelaskan pertemuan dia dengan perwakilan Taliban dalam rangka menyampaikan pesan Indonesia bagi Afghanistan setelah kelompok itu merebut kekuasaan.

“Pertemuan tersebut kami sengaja gunakan untuk window opportunity atau kesempatan yang masih terbuka untuk menyampaikan pesan dan harapan Indonesia terhadap Afghanistan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pihak Taliban menyampaikan komitmennya untuk berusaha keras membentuk pemerintahan yang inklusif di Afghanistan.

Bagikan berita ini:
3
6
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar