Operasi TNI AL Tangkap Kapal Tanker Panama, Bawah Limbah Minyak Ilegal

Kamis, 2 September 2021 12:05

TNI AL menangkap kapal tanker berbendera Panama di Perairan Pulau Tolop, Kepulauan Riau. Penangkapan ini dilakukan karen...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– TNI AL menangkap kapal tanker berbendera Panama di Perairan Pulau Tolop, Kepulauan Riau.

Penangkapan ini dilakukan karena kapal tersebut memuat minyak hitam sekitar 4.600 ton yang diduga limbah tanpa dilengkapi dokumen yang sah.

Panglima Koarmada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Arsyad Abdullah mengatakan, penangkapan terjadi saat TNI AL bertugas menyelenggarakan operasi pertahanan dan keamanan matra laut. Kemudian mencurigai salah satu kapal tanker yang melintas.

’’Implementasi dari tugas tersebut adalah menggelar operasi penegakkan kedaulatan dan hukum di laut yurisdiksi nasional Indonesia secara intensif,” kata Arsyad dalam keterangan tertulis, Kamis (2/9).

Intensitas operasi laut yang dilakukan TNI AL membuahkan hasil dengan menangkap kapal MT Zodiac Star yang diduga melakukan pelanggaran di Perairan Indonesia.

Kapal tersebut tertangkap berdasarkan hasil laporan intelijen. Lanal Batam kemudian menggerakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Nipa I-4-57 guna menyisir Perairan Pulau Tolop.

KAL Nipa segera melakukan pengejaran menuju sasaran dan mendapati secara visual sebuah kapal yang mencurigakan. KAL Nipa lantas melaksanakan penghentian dan pemeriksaan terhadap MT Zodiac Star.

Bagikan berita ini:
1
5
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar