Retno Marsudi Bertemu Perwakilan Taliban di Doha, Ini yang Dibahas

Kamis, 2 September 2021 19:25

menlu retno marsudi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengaku sudah bertemu perwakilan Taliban pada 26 Agustus 2021, setelah organisasi tersebut mengambil alih pemerintahan di Afganistan.

Dalam pertemuan itu, kata Retno, Taliban berkomitmen membangun pemerintahan yang bersifat inklusif. “Taliban menyampaikan komitmen untuk berusaha keras membentuk pemerintahan yang inklusif,” kata Retno dalam rapat kerja bersama DPR di kompleks parlemen, Kamis (2/9).

Alumnus Universitas Gadjah Mada itu menuturkan Taliban serius membentuk pemerintahan inklusif. Taliban sudah menunjuk beberapa pejabat sementara yang berpikiran sama. “Mereka mengatakan bahwa penunjukan ini sifatnya sementara,” jelas Retno.

Selain bertemu perwakilan Taliban, Retno selama di Doha juga mengadakan pertemuan terpisah dengan Menteri Luar Negeri Qatar dan utusan khusus Presiden Amerika Serikat untuk urusan Afghanistan.

Secara terperinci, kata wanita kelahiran Semarang, Jawa Tengah itu, pertemuan dengan pejabat demi menyampaikan harapan Indonesia terhadap nasib Afganistan.

“Kami sengaja gunakan untuk menggunakan window opportunity atau kesempatan yang masih terbuka untuk menyampaikan pesan dan harapan,” ujar Retno. (jpnn/fajar)

Bagikan berita ini:
1
3
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar