Tragedi Afghanistan Coreng AS, Joe Biden Beri Alasan Penarikan Pasukan AS

Kamis, 2 September 2021 20:24

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menandatangani 15 kebijakan baru pada hari pertamanya berkantor di Ruang Oval Gedung ...

FAJAR.CO.ID, NEW YORK — Tragedi di Afghanistan mencoreng pemerintahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Kritikan kepadanya datang bertubi-tubi. Namun, politikus Partai Demokrat itu tidak menyesalinya.

Dia menegaskan bahwa penarikan pasukan dari Afghanistan menjadi tanda era baru kebijakan luar negeri AS. Negeri Paman Sam itu akan mengurangi ketergantungan pada kekuatan militernya.

”Keputusan terkait Afghanistan bukan hanya tentang negara itu saja. Ini tentang mengakhiri era operasi militer besar-besaran untuk menata ulang negara lain,” tegasnya seperti dikutip The Guardian.

Biden menyatakan siap bertanggung jawab atas peristiwa di Afghanistan. Dia mengakui, pemerintahannya tidak mengantisipasi bahwa pasukan Afghanistan bakal dikalahkan Taliban begitu cepat.

AS sempat memperkirakan Taliban menguasai Kabul dalam 90 hari. Tapi, kenyataannya pasca pernyataan tersebut, ibu kota Afghanistan itu justru dikuasai Taliban hanya dalam waktu sepekan.

Tapi, Biden tidak mau disalahkan sendirian. Menurut Biden, dirinya mendapatkan ”warisan” kesepakatan Doha dari pendahulunya, mantan Presiden AS Donald Trump. Suami Melania itulah yang menyetujui penarikan pasukan AS sebagai bagian dari kesepakatan damai dengan Taliban. Kesepakatan tersebut juga membuat lima ribu tahanan Taliban dibebaskan. Beberapa di antaranya adalah komandan perang utama mereka yang kini mengambil alih Afghanistan.

Bagikan berita ini:
4
2
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar