Iskandar Tompo Berjuang Melaui Dakwah

Jumat, 3 September 2021 18:40

Mukhtar Tompo saat mengantar langsung jenazah KH Iskandar Tompo ke peristirahatan terakhir.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sosok KH Andi Iskandar Tompo (alm) yang juga Wakil Ketua Pimpinan Muhammadiyah Sulsel punya kenangan tersendiri bagi anggota DPR RI 2014-2019, Mukhtar Tompo.

Ia menilai, sosok kiai sangat kharismatik yang menerapkan konsep perjuangan tiga dimensi secara kaffah, karena perjuangannya melalui Dakwah, Perkaderan dan Politik Praktis secara bersamaan. “Beliau konsisten berjuang atas dasar keyakinan akan kebenaran dalam hukum agama dan negara secara bersamaan,” kata Mukhtar.

Sosoknya konsisten menjalankan Khittah Muhammadiyah yang di rumuskan di Denpasar tahun 2002, bahwa peran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat dilakukan melalui dua strategi dalam lapangan perjuangan. Pertama, melalui kegiatan politik yang berorientasi pada perjuangan kekuasaan/kenegaraan (real politics, politik praktis).

Kedua, melalui kegiatan kemasyarakatan yang bersifat pembinaan atau pemberdayaan masyarakat maupun kegiatan politik tidak langsung (high politics) yang bersifat mempengaruhi kebijakan negara dengan perjuangan moral (moral force) untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik di tingkat masyarakat dan negara sebagaimana dilakukan oleh kelompok kepentingan (interest groups).

Bagikan berita ini:
3
10
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar