Masjid Ahmadiyah di Sintang Diamuk Ratusan Massa Usai Salat Jumat, Ratusan Personel TNI-Polri Dikerahkan

Jumat, 3 September 2021 17:42
Masjid Ahmadiyah di Sintang Diamuk Ratusan Massa Usai Salat Jumat, Ratusan Personel TNI-Polri Dikerahkan

Screenshot video Masjid Ahmadiyah di kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat diamuk massa. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, SINTANG — Masjid Ahmadiyah di kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat diamuk massa setelah menggelar ibadah salat Jumat. Video aksi anarkis ini pun tersebar di media sosial.

Dalam video terlihat ratusan orang menggereduk masjid tersebut. Mereka merusak masjid dan bangunan di dekatnya. Tampak pula ada bagian bangunan yang dibakar oleh massa.

Kabid Humas Polda Kalimantan Barat, Kombes Pol Donny Charles Go membenarkan adanya peristiwa tersebut. “Benar terjadi peristiwa itu, ada bangunan yang dirusak dan dibakar,” ucapnya saat dihubungi, Jumat (3/9).

Donny menyampaikan, saat ini personel gabungan TNI-Polri berjumlah 300 orang dikerahkan ke lokasi kerusuhan. Diperkirakan massa yang melakukan pengerusakan berjumlah 200 orang.

“Tidak ada korban jiwa. Untuk masjidnya sendiri ada yang rusak karena dilempar. Sedangkan yang sempat terbakar adalah bangunan di belakang masjid,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Donny memastikan kondisi saat ini sudah mulai kondusif. Namun, petugas di lapangan masih melakukan penjagaan.

“Kita fokus mengamankan Jamaah Ahmadiyah yang berjumlah 72 orang atau 20 KK dan bangunan Masjid. Situasi sudah terkendali, massa sudah kembali,” pungkasnya. (jpg/fajar)

Bagikan berita ini:
3
7
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar