PTM Terbatas di Sejumlah Wilayah, Nadiem Makarim Sampaikan Ini

Jumat, 3 September 2021 18:17

ILUSTRASI: Kunjungan kerja Mendikbudristek Nadiem Makarim ke Papua Barat pada Rabu (17/2). Kebijakan Merdeka Belajar yan...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas sudah mulai dilakukan di sejumlah wilayah dengan zona PPKM di level 1 sampai 3. Hal ini dilakukan guna mengurangi dampak learning loss yang terjadi akibat pandemi Covid-19.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan, apabila masih ada yang khawatir akan terjadinya klaster Covid-19 di sekolah, anak dapat tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Semua punya opsi, ada orang tua yang khawatir (klaster), ya lanjutkan aja PJJ,” katanya dalam acara Mas Menteri Nadiem dan Sekolah Melawan Pandemi secara daring, Jumat (3/9).

Namun, lebih banyak lagi orang tua yang mendorong anaknya untuk pergi bersekolah. Hal itu terjadi karena tekanan tidak bisa mengajari anak dengan baik karena juga harus fokus bekerja sampai akses yang tidak memadai.

“Kita harus memastikan bagi masyarakat yang lebih nyaman sudah bisa melakukan PTM asal prokes di sekolah dijaga,” ungkapnya.

Kata dia, apabila PTM tidak dilaksanakan dampak dari learning loss bisa menjadi permanen. Namun, kembali ia ingatkan bahwa PTM atau PJJ tergantung dari orang tua anak, sekolah tidak dapat memaksa.

Bagikan berita ini:
9
4
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar