Ketua AJI Indonesia: Ketika HAM Disepelekan, Hukum Direndahkan, Maka Orang-orang Patut Bicara

Minggu, 5 September 2021 19:47

Presiden Jokowi.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Perwakilan 57 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkunjung ke kantor Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesi pada Jumat (3/9).

Dalam pertemuan tersebut, perwakilan KPK nonaktif dan pengurus AJI Indonesia mendiskusikan temuan dua lembaga negara yakni Ombudsman RI dan Komnas HAM RI yang menyebut ada pelbagai pelanggaran dan siasat penyingkiran pegawai KPK melalui pelaksanaan tes wawasan kebangsaan (TWK).

Dalam temuannya, Ombudsman menemukan adanya cacat administrasi berlapis, penyimpangan prosedur, dan penyalahgunaan dalam proses pembentukan kebijakan, pelaksanaan TWK, serta penetapan hasil.

Sementara itu, Komnas HAM mendapati proses alih status pegawai KPK menjadi ASN melalui asesmen TWK, diduga kuat merupakan bentuk penyingkiran terhadap pegawai tertentu dengan latar belakang tertentu.

Bahkan, Komnas HAM juga menyebut, terdapat 11 pelanggaran HAM dalan TWK yakni pelanggaran terhadap hak atas keadilan dan kepastian hukum, hak perempuan, hak bebas dari diskriminasi ras dan etnis, hak atas rasa aman, hak atas privasi, hak atas informasi public, dan hak atas kebebasan berpendapat.

Bagikan berita ini:
6
5
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar