Senior Partai Demokrat Sebut AHY Figur yang Didambakan Rakyat

Senin, 6 September 2021 13:49

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan mengapreasiasi rilis survei Centre for Indonesia Strategic Action (CISA) yang memaparkan tren elektabilitas tokoh-tokoh politik Indonesia untuk Pilpres 2024. Survei politik adalah metode akademik yang cukup presisi dalam memetakan tingkat keterpilihan dalam kontestasi politik.

Di era demokrasi, tren ini tentu baik karena menggambarkan aspirasi dan tingkat dukungan rakyat terhadap calon pemimpinnya. Bahkan, dalam banyak hal, survei politik telah menjadi bagian dan ciri dari demokrasi. Dengan survei, proses kanalisasi aspirasi berangkat dari bawah, menghimpun peta dukungan rakyat dalam menyikapi momentum politik tertentu.

“Saya percaya survei politik adalah metode universal yang telah menjadi bagian melekat dari proses berdemokrasi. Apa yang ditampilkan dalam rilis survei adalah peta sebenarnya dari keinginan rakyat. Dalam banyak hal, hasil survei ini cukup presisi, meskipun tidak semua rakyat menjadi responden. Ini adalah metode baku yang teruji secara ilmiah,” ungkapnya, Senin (6/9/2021).

Lebih lanjut Menteri Koperasi dan UKM di era Presiden SBY ini menyatakan bahwa sebagai negara demokrasi terbesar ke-3 di dunia, penggunaan metode survei dalam menyikapi dinamika dan aspirasi rakyat adalah tradisi berdemokrasi yang baik.

Bagikan berita ini:
1
8
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar