Amandemen UUD 1945, Idris Laena Khawatir Bisikan dan Ambisi Segelintir Orang

Selasa, 7 September 2021 22:35

Ketua Fraksi Golkar MPR RI Idris Laena khawatir amendemen UUD 1945 menimbulkan gejolak dan anak buah Airlangga Hartarto ...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI Idris Laena mengatakan tak ada jaminan amendemen UUD 1945 bakal berjalan mulus.

Dia justru khawatir proses amendemen UUD 1945 secara terbatas bakal tidak terkendali hingga menimbulkan gejolak di tengah masyarakat.

Oleh karena itu, anak buah Airlangga Hartarto di partai berlambang beringin rindang tersebut menilai perlu adanya kajian mendalam sebelum perubahan konstitusi dilakukan.

“Tidak ada yang bisa menjamin amendemen akan berhasil dengan mulus karena memang kita tidak mengenal istilah amendemen terbatas,” kata Idris dikutip dari Antara di Jakarta, Selasa (7/9).

Legislator asal Riau itu mencontohkan kudeta di Guinea beberapa hari lalu yang berawal dari amendemen konstitusi dengan mengubah aturan jabatan presiden menjadi tiga periode.

Menurut Idris, kudeta di Guinea yang terjadi pada Minggu (5/9) itu justru dilakukan pasukan khusus yang langsung memberlakukan jam malam dan membubarkan konstitusi.

Oleh karena itu, Idris yang mantan ketua Tim Kampanye Daerah Jokowi-Ma’ruf Amin tidak menginginkan nama baik Presiden Ketujuh RI dikorbankan.

Bagikan berita ini:
6
2
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar