Harga Batu Bara Acuan Melonjak, Kementerian ESDM Sebut Angka Fenomenal

Selasa, 7 September 2021 19:44

Warga melihat sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara. Ilustrasi Foto: ANTARA /AJI STYAWAN

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyebutkan harga batu bara acuan (HBA) pada September 2021 menyentuh angka USD 150,03 per ton.

Pasalnya, terjadi peningkatan kebutuhan untuk pembangkit listrik di China.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan harga batu bara tersebut mengalami peningkatan USD 19,04 per ton dibandingkan Agustus yang mencapai USD 130,99 per ton.

“Ini adalah angka yang cukup fenomenal dalam dekade terakhir,” kata Agung dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Selasa (7/9).

Permintaan China yang tinggi melebihi kemampuan produksi domestiknya serta meningkatnya permintaan batu bara dari Korea Selatan dan kawasan Eropa. “Ditambah tingginya harga gas alam telah melambungkan harga acuan baru bara,” ungkapnya.

Agung menyampaikan faktor-faktor tersebut telah mendorong harga batu bara dunia ikut terimbas naik dan mencatatkan rekor dari bulan ke bulan. Sempat melandai pada Februari-April 2021, HBA mencatatkan kenaikan beruntun pada periode Mei-Juli 2021 hingga menyentuh angka USD 115,35 per ton di Juli 2021.

Bagikan berita ini:
3
1
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar