41 Napi Tewas akibat Kebakaran Lapas Tangerang, Syarifuddin Sudding: Pak Yosanna yang Harus Tanggung Jawab

Rabu, 8 September 2021 17:08

Dokter Kepolisian (Dokpol) membawa kantung jenazah korban kebakaran yang berhasil di identifikasi di Rumah Sakit Umum Da...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly harus bertanggung jawab penuh atas tragedi kebarakan di Blok C2 Lapas Kelas I Tangerang, Banten, Rabu (8/9) dinihari. Pada tragedi tersebut 41 narapidana tewas, 73 luka ringan dan 8 luka berat.

Anggota DPR Syarifuddin Sudding meminta Menkumham Yasonna Laoly bertanggungjawab penuh atas kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang. Jangan menyalahkan kalapas atau dirjen.

“Saya kira ini Pak Yasonna yang harus tanggung jawab penuh. Bukan cuma di tingkat ditjen dan kalapas. Jangan menyalahkan kalapas, kan kebijakannya di Menkumham,” tegasnya, Rabu (8/9).

Dia menyoroti banyaknya masalah terkait kondisi lapas di Indonesia saat ini. Mulai dari isu kelebihan kapasitas, peredaran narkoba hingga tak manusiawinya perlakuan terhadap warga binaan.

Menurutnya, kebakaran di lapas menjadi salah satu akumulasi persoalan yang kerap menimpa lapas Indonesia. Padahal, Komisi III DPR kerap kali menyuarakan desakan kepada Menteri Yasonna untuk membenahi persoalan lapas.

“Kita minta tak hanya retorika lah, tapi harus ada tindakan nyata di lapangan,” tegasnya.

Bagikan berita ini:
5
10
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar