Amir Sumaila, Perantau Sulawesi yang Bangun 2 Masjid di New York dan 1 di Makassar

Rabu, 8 September 2021 11:21

Amir Sumaila dan Ketua KKSS New York, Syaiful Hamid. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Amir Sumaila merupakan salah seorang perantau kelahiran Makassar yang sukses di tanah rantauan, Amerika Serikat.

Ia telah puluhan tahun bermukim dan telah menjadi warga negara disana. Kini masih aktif sebagai pegawai negeri kota New York.

“Saya lahir di Makassar, ibu saya berasal dari Jeneponto dan bapak saya berasal dari Toli-toli, Sulawesi Tengah, dan istri saya bernama Hartati Sumaila, asal Makassar juga,” kata Amir, ketika dikonfirmasi, Rabu, (8/9/2021).

Amir mengaku lahir di Makassar, 5 Juli 1950. Memiliki tiga anak dan masuk daratan Amerika, California pada Maret 1985. Setahun kemudian berpindah masuk ke New York hingga hari ini.

“Saya ke Amerika dikirim oleh perusahaan tempat kerja saya, ekspedisi LTH. Setahun kemudian, saya memilih pindah dan menetap di kota New York, mulai dengan usaha sendiri di bidang properti, building, dan apartemen, kemudian saya daftar dan bekerja sebagai pegawai kota di bidang pertanaman,” jelasnya.

Dari juru bangunan, Amir menjelma menjadi lender (orang yang menyewakan) rumah dan apartemennya ke orang lain, termasuk ke penduduk asli, orang Amerika dan Meksiko.

Bagikan berita ini:
1
6
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar