Angkat Tradisi Peradaban Kuno, Toraja International Festival 2021 Targetkan Pertumbuhan Ekonomi di Toraja

Rabu, 8 September 2021 16:37

FAJAR.CO.ID, MAKALE – Menyoroti tradisi peradaban kuno Toraja, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menggelar Toraja International Festival (TIF) ke-9 pada 4 September 2021 di Desa Rante Buntu Pempon, Rantepao, Toraja Utara.

Diselenggarakan secara hybrid, program festival TIF ini juga dapat diakses gratis melalui You Tube LOKASWARA PROJECT, pada 12 September 2021 pk 20.00 WIB.

Keistimewaan utama dari festival tahun ini ialah penampilan grup-grup yang masih menjaga kelestarian budaya khas Toraja dan Sulawesi Selatan yang sudah ada sejak ribuan tahun silam. Salah satunya, kelompok penyanyi dan penari Ma’nimbong dan Ma’dandan yang dihadirkan untuk menampilkan kesenian kuno Toraja yang telah dilakukan selama ribuan tahun. Pertunjukan yang dipercaya menjadi prototipe musik vokal modern di dunia ini menjadi puncak acara TIF 2021.

Kesenian kuno lainnya yang ditampilkan di TIF 2021 ialah teater kuno Pepe Pepe Baine yang menampilkan kesenian teatrikal bernuansa magis. Mengangkat komunitas suku Toraja yang tinggal di desa-desa otonom dan relatif tidak terekspos oleh dunia luar, acara ini menjadi strategi Kemenparekraf dalam menyukseskan pariwisata dan perekonomian kreatif di segala lini.

Bagikan berita ini:
1
4
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar