ICW Melaporkan Wakil Ketua KPK ke Bareskrim Polri

Rabu, 8 September 2021 20:03

Lili Pintauli Siregar. (int)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Indonesia Corruption Watch (ICW) melaporkan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar ke Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri pada Rabu (8/9). Laporan tersebut berkaitan dengan perihal komunikasi Lili dengan pihak yang sedang menjalani perkara di KPK, Wali Kota Tanjungbalai Muhammad Syahrial.

“Pada hari ini, 8 September 2021, Indonesia Corruption Watch melaporkan Pimpinan KPK, Lili Pintauli Siregar, ke Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri,” kata peneliti ICW, Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, Rabu (8/9).

Kurnia menjelaskan, landasan laporan ICW merujuk pada putusan Dewan Pengawas KPK yang membeberkan komunikasi antara Lili dan Syahrial. ICW beranggapan, tindakan Lili diduga melanggar Pasal 36 juncto Pasal 65 UU KPK tentang larangan bagi Pimpinan KPK, mengadakan hubungan langsung maupun tidak langsung dengan pihak yang sedang menjalani perkara di KPK dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun penjara.

Oleh karena itu, Kurnia berharap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya untuk bekerja profesional dan independen dalam mengusut dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Lili.

Bagikan berita ini:
10
2
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar