Indonesia Dapat Bantuan Sebesar Rp90 Triliun dari IMF, Ini Penjelasan Bank Indonesia

Rabu, 8 September 2021 20:58

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dana Moneter Internasional (IMF) memberikan dana bantuan untuk Indonesia dalam bentuk Special Drawing Rights (SDR) sebesar 4,46 miliar SDR atau USD6,31 miliar, setara Rp90 triliun.

Kepala Departemen Internasional Bank Indonesia, Doddy Zulverdi mengatakan, dana yang didapat dari IMF tersebut bukan utang, karena dalam hal ini Indonesia meminta bantuan.

Artinya, dana tersebut merupakan instrumen khusus yang diberikan IMF untuk membantu menjaga cadangan devisa negara anggotanya dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19.

“Tambahan SDR ini Indonesia yang minta karena kita mengalami kesulitan. Bahkan tambahan cadangan yang berasal dari SDR ini terjadi di saat jumlah cadangan devisa kita sudah sangat cukup,” kata Doddy dalam Taklimat Media Bank Indonesia (BI) secara virtual, Rabu (8/9/2021).

Doody pun mengaskan, bahwa dana yang dipdata tersebut bukan utang. Menurutnya, selain Indonesia, sejumlah negara anggota IMF juga mendapatkannya.

“SDR ini yang kita terima distribusi dari IMF dan juga diterima oleh negara-negara lain seluruh anggota IMF. Itu bukan utang,” ujarnya.

Bagikan berita ini:
5
5
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar