Mahfud MD Usul Tanah yang Dirampas dari BLBI akan Digunakan Bangun Lapas

Rabu, 8 September 2021 22:39

Menko Polhukam Mahfud MD

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Aset tanah atau lahan sitaan dari obligor kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia disiapkan untuk membangun lembaga pemsyarakatan (lapas) baru. Sebagai salah satu solusi mengatasi over kapasitas lapas.

Wacana membangun lapas baru di aset sitaan obligor BLBI tersebut dilontarkan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM, Mahfud MD. Menurut Mahfud, dirinya pun telah berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM untuk segera membangun lapas baru di aset sitaan tersebut.

“Saya sudah bicara dengan Kementerian Keuangan. Tanah-tanah dari BLBI yang telah kami kuasai itu bisa digunakan. Dari pada tidak dirampas dari debitur yang melakukan pembangkangan. Jadi tinggal kami cari anggarannya saja,” katanya, Rabu (8/9).

Dikatakananya, pihaknya bersama Kementerian Hukum dan HAM untuk lebih fokus dalam membangun gedung LP baru. Ini dilakukan sebagai perbaikan dalam penanganan terkait kapasitas di lembaga pemasyarakatan. Sebab sejak dia menjabat sebagai anggota DPR pada 2004 lalu dan keliling ke setiap LP di Indonesia banyak yang kelebihan penghuni, misalnya satu sel diisi hingga 30 orang.

Bagikan berita ini:
6
3
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar