Dianggap Paling Bertanggungjawab, Menkumham Yasonna Laoly Diminta Mengundurkan Diri

Kamis, 9 September 2021 12:40

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly dinilai sebagai pihak yang paling bertanggungjawab atas peristiwa kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang yang merenggut sebanyak 44 nyawa.

Pengamat politik, Rocky Gerung mengatakan, dalam standar etika seharusnya Yasonna Laoly mundur dari jabatannya. Sebab peristiwa kebakaran itu menandakan Kementerian yang dipimpin Yasonna tidak punya prinsip-prinsip dalam mengelola dan mengantisipasi lonjakan kapasitas Lapas.

“Kalau di dalam standar etik dunia, musti Menteri Hukum dan HAM mundurkan diri. Karena itu di bawa dia. Artinya tidak ada prinsip-prinsip yang menduga akan terjadi sesuatu yang membahayakan. Apalagi kita tahu sistem hukum penjara kita kan over law itu kan. Sehingga bisa saja ada yang nyolong listrik karena terlalu banyak penghuni,” ujar Rocky Gerung dikutip Chanel YouTube-nya, Kamis (9/9/2021).

Bekas dosen UI ini mengatakan, harus ada evaluasi secara tehnis terhadap Kementerian Hukum dan HAM. Setelah itu, lakukan evaluasi etis kepada Yasonna. Dia menilai selama ini pemerintah tidak punya semangat yang peka terhadap bencana.

Bagikan berita ini:
6
3
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar