Oky Wiratama Siagian Nilai Permasalahan Kelebihan Kapasitas Menjadi Penyebab Kebakaran Lapas Tangerang

Kamis, 9 September 2021 21:50

Kebakaran di Lapas Klas 1 Tangerang

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Permasalahan kelebihan kapasitas (overcrowding) dinilai menjadi penyebab kebakaran maut di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang. Peristiwa itu menyebabkan 41 orang narapidana tewas dalam insiden nahas yang terjadi pada Rabu (8/9) dini hari WIB.

“Yang menjadi catatan penting adalah mengenai kondisi kelebihan kapasitas (overcrowding), diketahui bahwa Lapas Kelas I Tangerang hanya memiliki daya tampung sebanyak 600 orang, namun dihuni oleh 2.072 orang warga binaan yang artinya kelebihan kapasitas sebesar 250 persen dari daya tampung Lapas. Blok yang terbakar juga adalah blok khusus narkotika,” kata pengacara publik LBH Jakarta, Oky Wiratama Siagian dalam keterangannya, Kamis (9/9).

“Kondisi tersebut bisa dibilang sebagai salah satu penyebab banyaknya korban jiwa dalam kebakaran ini,” imbuhnya.

Dia menyebut salah satu yang menjadi penyebab overcrowding adalah sistem peradilan pidana yang masih mengutamakan pidana pemenjaraan, ketimbang pemidanaan nonpenjara sebagaimana dijelaskan dalam UN Standard Minimum Rules for Non-Custodial Measures atau dikenal sebagai Tokyo Rules.

Bagikan berita ini:
2
1
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar