Survei ASI, Elektabilitas Partai Menengah Alami Dinamikan Mencolok

Kamis, 9 September 2021 17:46

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Hasil penelitian Arus Survei Indonesia (ASI) teranyar menunjukkan elektabilitas partai politik papan atas cenderung masih senada dengan perolehan hasil Pemilu 2019. Sementara untuk parpol papan menengah terjadi pergeseran elektabilitas.

Pada survei yang dipresentasikan secara daring, Rabu (7/9), PDI Perjuangan masih bertahan di urutan teratas dengan elektabilitas 18,4 persen, partai Gerindra 11,1 persen, pada posisi ketiga partai Golkar 10.5 persen.

“Perolehan ini nyaris mirip dengan Pemilu 2019, indikasikan belum ada perubahan signifikan pemilih, tiga besar ini cukup kuat,” ujar Direktur Eksekutif ASI Ali Rif’an dalam keterangan tertulisnya pada

Sementara itu, pada kelas menengah terjadi dinamika mencolok, terutama soal adanya peningkatan popularitas partai Demokrat dan PAN, keduanya dianggap miliki perubahan signifikan, hal ini menurut Ali disebabkan posisi politik yang berada di kelompok oposisi pemerintah.

“Kelas menengah lebih agresif, Nasdem 8.5 persen, Demokrat 8.2 persen, PKB 7.9 persen. Dan ini paling menonjol, PAN secara mengejutkan memperoleh 6.1, ini capaian bagus, selama ini Demokrat meningkat karena adanya keriuhan di media, PAN cukup senyap tetapi mampu kalahkan PKS yang hanya raih 5.9 persen” lanjut Ali.

Bagikan berita ini:
4
1
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar