Taliban Tunjuk Buronan FBI sebagai Mendagri Afghanistan

Kamis, 9 September 2021 20:13

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid saat memberikan konferensi pers terkait nama-nama kabinet pemerintahan Afghanista...

FAJAR.CO.ID, KABUL — Keputusan kontroversial diambil oleh Taliban yang menunjuk Sirajuddin Haqqani menjadi Menteri Dalam Negeri Afghanistan. Dia bertanggung jawab atas polisi dan keamanan.

Haqqani adalah pemimpin jaringan Haqqani, yang dikenal memiliki hubungan dengan al-Qaeda. Dia ada dalam daftar paling dicari FBI dan ditetapkan sebagai teroris global.

Dia juga bertanggung jawab dalam penyediaan tempat berlindung yang aman bagi al-Qaeda oleh Taliban pada 1990-an. Itu menyebabkan AS menyerang Afghanistan setelah serangan 11 September.

Taliban di Afghanistan memang saat ini sibuk menunjuk pemerintah sementara yang dipimpin oleh kelompok garis keras. Kelompok itu berjanji untuk menerapkan aturan Islam yang ketat atas negara berpenduduk sekitar 40 juta itu.

Kabinet baru tersebut bernama Imarah Islam Afghanistan dan tidak ada posisi untuk anggota oposisi atau etnis atau agama minoritas. Para ahli memperingatkan bahwa gerakan jihad global akan merasa lebih berani dengan apa yang mereka lihat di Afghanistan sebagai sebuah kemenangan.

“Untuk masa mendatang, Afghanistan akan dipimpin oleh para pemimpin senior Taliban dengan catatan kasus termasuk yang terburuk dari yang terburuk,” kata Wakil Direktur Program Asia di Wilson Center, Michael Kugelman, mengatakan kepada CNBC.

Bagikan berita ini:
3
1
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar