Warga Parodo Berjalan Kaki Puluhan Kilometer, Demi Mendapat Layanan Kesehatan

Kamis, 9 September 2021 23:11

IST

FAJAR.CO.ID, TORAJA — Sudah belasan tahun lamanya, dua dusun di desa Baruppu Parodo Kecamatan Baruppu yakni dusun Parodo Salu Upe dan Parodo Guririk Kabupaten Toraja Utara (Torut) masih juga mendapatkan diskriminasi dalam hal pelayanan kesehatan.

Bagaimana tidak, hingga kini sarana dan prasarana layanan kesehatan di dua dusun tersebut sama sekali tidak tersedia. Letak geografis menjadi kendala utama dalam kurangnya fasilitas pelayanan kesehatan.

Dusun Parodo Salu Upe dan Parodo Guririk berjarak 60 hingga 80 kilometer dari Rantepao (pusat kota Toraja Utara), ditambah lagi struktur jalan yang berlumpur dan rusak parah sehingga memakan waktu kurang lebih 5 jam jika ingin mencapai dua dusun ini.

“Sudah belasan tahun kami belum pernah sama sekali mendapatkan layanan kesehatan disini. Jangankan layanan kesehatan listrik saja kami belum pernah rasakan,” kata salah seorang warga dusun Parodo Guririk, Amos Tandi. Kamis, 9 September.

Di dusun Parodo Guririk memang memiliki bangunan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes). Tapi sayang, bangunan itu hanya dibiarkan kosong. Bahkan dari penulusuran penulis, bangunan Poskesdes beberapa sisinya sudah mulai rusak, dan hanya berisi satu buah meja kayu. Amos mengungkapkan, poskesdes itu sama sekali tak pernah dioperasikan, tenaga kesehatan pun tak pernah datang berkunjung.

Bagikan berita ini:
2
2
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar