Menhan RI dan Australia Jalin Kerjasama Strategis, Pertama Kali dalam Sejarah

Jumat, 10 September 2021 10:04

Menhan RI Prabowo Subianto dan Menhan Australia HE Peter Dutton MP (foto: Kemhan)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi melaksanakan pertemuan tahunan 2+2 dengan Menteri Pertahanan Australia HE Peter Dutton MP dan Menteri Luar Negeri Australia HE Marise Payne di Gedung Pancasila, Kemlu, Jakarta, Kamis (9/9/2021).

Dalam konferensi pers, Menhan RI menggarisbawahi eratnya hubungan kerjasama pertahanan antara Indonesia dan Australia yang telah terjalin lama. Sebelum melaksanakan pertemuan 2+2 di Kemlu, Menhan RI Prabowo Subianto dan Menhan Australia Peter Dutton melakukan pertemuan di Kemhan, Jakarta, dan dalam pertemuan 2+2 ini kedua Menteri Pertahanan menandatangani pembaruan dari Defence Cooperation Arrangement (DCA) yang merupakan dokumen penting untuk menjadi payung kerjasama pertahanan komprehensif di masa mendatang.

“Kami juga telah menyepakati untuk bekerja keras meningkatkan DCA ini menjadi kesepakatan yang lebih kuat bagi kerjasama pertahanan kedua negara dalam kerangka kemitraan strategis”, tegas Menhan Prabowo.

Menhan Prabowo juga berterimakasih kepada Menhan Australia Peter Dutton dan ADF atas bantuan yang diberikan Departemen Pertahanan Australia, berupa Alat Pelindung Diri (APD) untuk mendukung program mitigasi Covid-19 di lingkungan Kemhan dan TNI pada Agustus 2020 dan 8 April 2021, serta ucapan terima kasih atas respons cepat angkatan bersenjata Australia dalam membantu pencarian KRI Nanggala-402.

Bagikan berita ini:
5
3
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar