Bila Ingin Menang Pilpres, Anies, Prabowo dan Ganjar Harus Menggandeng Tokoh dari Timur

Sabtu, 11 September 2021 08:15

Anies dan Ganjar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kawasan timur Indonesia tak pernah kehabisan tokoh yang berkecimpung di kepemimpinan nasional. Sebut saja Jusuf Kalla (JK) dua kali digandeng jadi Cawapres, dua kali pula pasangan itu menang.

Tokoh asal Sulawesi Selatan itu merupakan Wakil Presiden Indonesia pertama yang menjabat dua kali, ia menjadi Wapres dalam 2 masa jabatan yang tidak berturut-turut.

Dalam masa jabatannya yang pertama, periode 2004-2009, bersama Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian masa jabatan kedua, periode 2014-2019 berduet dengan Joko Widodo.

Lantas siapa yang bakal menjadi the next JK di Pilpres yang akan datang?

Hasil survei Index Indonesia yang dirilis pada Jumat (10/9/2021) mencatat Andi Amran Sulaiman merupakan calon Wakil Presiden 2024 yang dianggap berpotensi mendulang suara di timur Indonesia, siapapun pangangan yang disandingnya.

Survei ini menyorot kecenderungan pemilih di zona Pamasuka atau Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan dengan jumlah pemilih kurang lebih 30 juta orang.

Mantan Menteri Pertanian itu dianggap paling berkontribusi dalam menyumbang suara dan mengangkat elektabilitas ketika dipasangkan dengan calon presiden terkuat lainnya seperti Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo.

Bagikan berita ini:
3
10
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar