Cegah Penularan Covid-19, Singapura Usir Kerumunan dengan Robot

Sabtu, 11 September 2021 11:28

Singapura meluncurkan robot yang bertindak laiknya Satgas Covid-19 (The Sydney Morning Herald)

FAJAR.CO.ID — Singapura tak kehabisan akal untuk mencegah penularan Covid-19. Bukan dengan tim satgas lagi, namum memberdayakan robot pintar untuk mengusir kerumunan.

Di Toa Payoh ada sheriff baru di tengah kota. Namanya Xavier dan itu adalah robot yang dibuat untuk berpatroli di trotoar distrik perbelanjaan.

Robot itu untuk menegakkan protokol Covid-19 seperti mengenakan masker. Robot itu juga melarang kebiasaan buruk warga lainnya seperti merokok di area terlarang dan memarkir sepeda di tempat yang salah. Xavier berkeliling di mal Toa Payoh sebagai bagian dari uji coba pemerintah selama tiga minggu.

Dilengkapi dengan sensor, dasbor, dan kamera 360 derajat dan dengan saluran langsung ke pusat kendali serta komando yang dikelola oleh petugas nyata. Robot ini bagian dari upaya multi-lembaga untuk membantu kepolisian dengan sains. Robot itu mengirim peringatan dan data ke sistem analitik video dengan kemampuan kecerdasan buatan. Dirancang untuk dapat mendekati orang yang bertanggung jawab jika mereka mendeteksi sesuatu yang tidak beres. Mereka kemudian menampilkan pesan di layar yang menunjukkan adanya kesalahan.

Bagikan berita ini:
3
9
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar