Hak Anak Bagian dari HAM, Dialog Kolaborasi Lima Organisasi Kepemudaan

Sabtu, 11 September 2021 21:31

IST

FAJAR.CO.ID — Dialog Anak Bersama Wali Kota dengan tema Suara Anak untuk Makassar sebagai Kota Sehat dan Kota Layak Anak. Kegiatan terlaksana atas kolaborasi lima organisasi anak muda di Kota Makassar. Organisasi tersebut yakni Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Makassar, Forum Anak Kota Makassar, Duta Kawasan Tanpa Rokok, Forum Generasi Berencana Kota Makassar, dan Duta Pelajar Makassar.

Acara ini merupakan suatu langkah kongkrit yang bisa dilakukan bersama untuk mewujudkan Makassar sebagai Kota Sehat dan Kota Layak Anak “SMART AND SOMBERE’ CITY”.

Akbar Supriadi sebagai Ketua Panitia dari IPM Makassar menyampaikan dalam pengantarnya, “Kolaborasi anak muda harus lebih dimasifkan dan berjalan di tengah pandemi. Hadirnya para Ayahanda dan Ibunda dari SKPD terkait dapat disimpulkan bahwa Bapak Walikota sangat memperhatikan hak partisipasi anak”.

Setelah Indonesia meratifikasi Intrument International Convention on the right of the Child (Konvensi Hak Anak) menjadi Keputusaan presiden (Keppres) No. 36 tahun 1990. Dari stereotip ini menjadi landasan hukum hak partisipasi anak. Hak Anak bagian dari Hak Asasi Manusia (HAM) oleh orang tua, keluarga, masyarakat, Negara, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah memiliki kewajiban untuk memenuhi, melindungi, menghargai, dan mengembangkan.

Bagikan berita ini:
3
5
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar