Intoleransi Tumbuh Subur di Indonesia, Begini Saran Sekum Muhammadiyah Abdul Mu’ti

Sabtu, 11 September 2021 13:46

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengungkap sejumlah faktor yang menjadi akar masalah mengapa kasus intoleransi di Indonesia seperti sebuah siklus, berulang setiap tahun.

Bagi Abdul Mu’ti, Peraturan Bersama Menteri (PBM) Nomor 9 dan 8 Tahun 2006 atau yang dikenal sebagai SKB 2 Menteri dianggap perlu ditinjau ulang atau disempurnakan.

Sebab, selain bertentangan dengan Pasal 29 ayat 1 dan 2 UUD 1945, tidak adanya detil tambahan membuat SKB ini kerap digunakan alat berdalih untuk menutupi akar masalah intoleransi yang sebenarnya.

“Memang sebagiannya bermuara pada regulasi yang kadang-kadang dimaknai sangat tekstual dan bahkan kadang regulasi itu menjadi salah satu cara bukannya untuk memberikan kemudahan bagi pemeluk agama lain, tetapi regulasi itu justru menjadi hambatan bagi pemeluk agama lain atau mereka yang berkeyakinan berbeda dalam kaitannya terutama dengan pendirian tempat ibadah,” kata Mu’ti dalam forum diskusi daring Kajian Titik-Temu Nurcholis Madjid Society, dilansir pada Sabtu (11/9/2021).

Bagikan berita ini:
4
6
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar