Budi Gunadi Sadikin Sampaikan Indonesia Siap Menjadi Regional Hub Produksi Vaksin Covid-19

Selasa, 14 September 2021 20:43

Menkes, Budi Sadikin.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menghadiri pertemuan Menteri Kesehatan negara G20 pada 5-6 September 2021 di Roma, Italia. Dalam pertemuan itu, Budi berkesempatan menyampaikan sambutan pembukaan dalam kapasitasnya sebagai Ketua G20 tahun 2022 untuk sektor kesehatan.

Budi menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 memperlihatkan kelemahan dan ketimpangan di sistem kesehatan global. Hanya 20 persen dari pasokan vaksin global yang tersedia untuk negara berkembang, padahal jumlah penduduknya hampir setengah dari populasi dunia.

Dia lantas menyampaikan kesiapan Indonesia untuk menjadi regional hub produksi vaksin dalam memenuhi kebutuhan vaksin global. ”Indonesia juga akan melanjutkan kerja keras yang telah dibangun oleh presidensi sebelumnya, Italia dan Saudi Arabia, untuk memastikan dunia yang lebih aman, tangguh dan sehat bagi generasi berikutnya,” kata Budi dalam keterangannya, Selasa (14/9).

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan keterbukaan terhadap usulan isu kesehatan global yang perlu dibahas pada Presidensi Indonesia serta pentingnya penguatan global health architecture, seperti kebijakan dan instrumen global untuk protokol Kesehatan yang aman dan terstandarisasi secara internasional agar mempermudah perjalanan internasional.

Bagikan berita ini:
7
10
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar