Jokowi: Jangan Mahasiswa Dipagari oleh Terlalu Banyak Program-program Studi di Fakultas

Selasa, 14 September 2021 21:52

Presiden Joko Widodo

Eks Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan saat ini Indonesia sedang berada pada transisi perubahan besar dunia yang harus diantisipasi bersama.

Untuk itu, mahasiswa harus memahami banyak hal untuk mengatasi perubahan yang terjadi. “Mahasiswa harus paham semuanya, paham matematika, paham statistika, paham ilmu komputer, paham bahasa. Dan bahasa itu bukan bahasa Inggris saja, tetapi juga bahasa coding,” ujar presiden.

Eks Wali Kota Solo itu juga memandang seorang mahasiswa tidak perlu pindah program studi, jurusan, dan fakultas. Namun, mengambil kesempatan untuk kuliah sesuai talentanya.

“Ini yang harus kami fasilitasi. Perbanyak mata kuliah pilihan, baik di dalam kampus maupun di luar kampus,” ucap presiden.

Presiden memandang perlunya memberikan mahasiswa kemerdekaan untuk belajar. Mahasiswa harus belajar dari siapa saja, dari praktisi, dan industri.

“Karena sebagian besar nanti akan menjadi praktisi. Itulah esensi Merdeka Belajar, di mana mahasiswa merdeka untuk belajar. Dan kampus juga memperoleh kemerdekaan untuk berinovasi,” ujar Jokowi.

Bagikan berita ini:
8
3
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar