Polri Beber Peran Abu Rusydan, Salah Satu Tokoh Senior JI

Selasa, 14 September 2021 17:53

Sebanyak 22 tersangka teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) yang ditangkap Densus 88 Antiteror di Jawa Timur (Jatim) ti...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap Thoriquddin alias Abu Rusydan terkait dugaan terorisme. Abu Rusydan merupakan tokoh senior dan pentolah di kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI).

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan Abu Rusydan merupakan salah satu tokoh senior di JI. Abu Rusydan memiliki peran sebagai salah satu tim Lajnah yang bertugas sebagai panitia pemilihan amir bersama para senior JI lainnya.

“Yang bersangkutan bersama senior-senior dan sepuh-sepuh telah menjadi satu kesatuan dan membentuk Majelis Kasepuhan,” ujarnya, Selasa (14/9).

Diungkapkannya, Majelis Kasepuhan itu berisi orang-orang JI yang sudah senior, termasuk Abu Rusydan. Mereka tetap bersatu meski pemimpinnya yang terdahulu, Parawijayanto, telah tertangkap.

“Majelis kasepuhan itu adalah kumpulan senior-senior dan tetap bergabung dengan amir (pimpinan) Parawijayanto yang telah ditangkap,” tuturnya.

Lajnah Ihtiari Linasbil Amir (LILA) merupakan tim panitia pemilihan amir yang terdiri dari para senior JI, di antaranya Siswanto alias Arif (tertangkap) selaku ketua LILA dan Parawijayanto (tertangkap) mewakili bidang Tajhiz dan Alwi.

Bagikan berita ini:
6
7
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar