3 Ribu Pasien Covid-19 Jalan-Jalan ke Mal, Dinilai Jadi Sumber Penularan

Rabu, 15 September 2021 11:45

PERCEPATAN: Untuk dapat masuk masuk ke PGS tetap harus sudah vaksin minimal dosis pertama. Termasuk para pegawai, pengun...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan, sebanyak 3.830 ribu orang berstatus Covid-19 ditemukan pergi jalan-jalan ke mal. Menanggapi hal ini Mantan Direktur WHO Asia Tenggara 2018-2020 Prof. Tjandra Yoga Aditama menilai mereka bisa menjadi sumber penularan.

“Tentu menjadi sangat berbahaya karena dapat menjadi sumber penularan,” kata Tjandra.

Menurutnya begitu hasil tes positif maka sistem sebaiknya diatur agar bisa langsung menghubungi Puskesmas di wilayah pasien tinggal. Setelah itu, Puskemas bisa lalu menghubungi pasien untuk melakukan isolasi. Sistem juga dapt menghubungi Lurah atau Kepala Desa setempat untuk ditindaklanjuti.

“Kalau ada hasil positif keluar, baikya di bagian bawah ditulis, kalau perlu dengan kotak berwarna merah misalnya, anjuran untuk isolasi. Ditulis juga bahwa isolasi perlu untuk keselamatan keluarga dan kerabat. Jangan semata-mata ditulis sesuai aturan, tapi demi menjaga kesehatan atau keselamatan keluarga,” katanya.

“Tulisan ini baik di kertas hasil tes maupun di berkas elektronik hasil tes,” tambahnya.

Bagikan berita ini:
1
1
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar