Jeli Manfaatkan Peluang, Petani Milenial di Bantaeng Raup Sukses Berkat Ternak Sapi

Rabu, 15 September 2021 17:53

Ikhsan saat mengambil pakan untuk ternak sapi.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menambahkan, peluang keterlibatan generasi muda di sektor pertanian sangat besar, karena bonus demografi yang dicirikan dengan dominannya jumlah penduduk usia produktif.

Ikhsan, Sarjana Pendidikan berusia 35 tahun ini memilih kesuksesan untuk menjadi peternak sapi di sela aktivitasnya untuk berbagi ilmu. Ikhsan adalah salah satu penerima manfaat program YESS.

Dengan luas lahan 1 hektare (ha) yang dimilki, Ikhsan membabat pohon coklat yang ia miliki dan menggantinya dengan menanam rumput gajah untuk pakan ternak sapi.

“Awalnya saya melihat sapi milik tetangga, dan saya tertarik untuk mengikuti jejaknya beternak sapi. Lalu saya mulai mempelajari cara budidaya dan perawatan ternak sapi secara otodidak. Modal awal saya hanya memiliki 1 sapi betina kemudian membeli lagi 1 sapi dan setelah sapinya melahirkan. Saya fokus membudidayakan sapi brangus dan limousin. Rencana kalau ada penambahan, mau beli sapi Friesian Holstein (FH) dan Simental supaya lebih bervariasi sehingga bisa dipadukan dan disilangkan supaya hasilnya lebih bagus,” ujarnya.

Bagikan berita ini:
3
3
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar