Rasio Kewirausahaan Masih Rendah, Menko Airlangga Dorong Mahasiswa Jadi Entrepreneur

Rabu, 15 September 2021 11:58

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat hadir di Unismuh Jakarta. (IST)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak seluruh stakeholder, termasuk civitas akademika untuk mengembangkan ekosistem kewirausahaan.

Hal itu disampaikan saat hadir di acara Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPKMB) Universitas Muhammadiyah Jakarta Tahun 2021, Rabu (15/9/2021).

Menko Airlangga mengatakan untuk mendukung program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) kewirausahaan Pemerintah telah menerbitkan PP No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan KUMKM. PP ini menekankan peran penting lembaga inkubator dalam mendorong pengembangan dan pertumbuhan wirausaha.

“Saya juga berharap Universitas Muhammadiyah Jakarta dapat berkontribusi menjadi inkubator bisnis baru yang memiliki akreditasi A sehingga dapat membantu mencetak wirausahawan baru yang berkualitas,” kata Airlangga.

Ketua Umum Partai Golkar itu menyebutkan saat ini, rasio kewirausahaan masih rendah, yakni sebesar 3,47% dari total populasi. Selain itu, wirausahawan Indonesia juga didominasi oleh pelaku usaha di usia 25-34 tahun.

Kemampuan adaptasi tinggi, kompetitif, berjiwa entrepreneur, dan berkarakter merupakan prasyarat utama yang perlu dimiliki oleh generasi muda saat ini. Kriteria ini akan sangat membantu ketika mendirikan usaha sendiri ataupun bekerja di tempat kerja.”Di tengah era digital ini, generasi muda juga diharapkan dapat memanfaatkan talenta digitalnya sehingga tidak hanya berperan sebagai job seeker saja, namun dapat juga menjadi job creator,” sebutnya.

Bagikan berita ini:
10
10
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar