Letjen Dudung Ungkit Fanatisme Agama, Refly Harun: Ini Jenderal Loyal dan Dekat Istana

Kamis, 16 September 2021 11:36

Pakar hukum tata negara Refly Harun -- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pernyataan Panglima Kostrad (Pangkostrad), Letjen TNI Dudung Abdurachman soal fanatisme berlebihan terhadap agama karena semua agama itu benar di mata Tuhan masih jadi polemik.

Salah satu yang menyoroti pernyataan Letjen Dudung itu adalah pakar Hukum Tata Negara Refly Harun.

Menurut Refly, pernyataan Dudung ini harus diletakan dalam konteks politik bukan sebagai akidah atau ajaran. Sebab, Dudung merupakan sosok jenderal yang tahu betul sikap yang dibutuhkan pihak istana.

“Jadi kalau mau dekat dengan pemerintah maka anda bisa memilih statement mana yang mau didengarkan pemerintah saat ini. Dudung tahu betul pernyataan mana yang mau didengar pemerintah saat ini. Jadi dia mengatakan semua agama sama maka itulah yang ingin didengarkan lingkar istana, BPIP. Dudung tahu betul memainkan psikologis itu,” terang Refly dikutip dari kanal Youtube @Refly Harun, Kamis (16/9/2021).

Refly menjelaskan, pernyataan Dudung sesuai konteks politik yang berkelindan dengan posisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan sebagian kelompok Islam yang tidak masuk dalam struktural pemerintahan. Misalnya, PA 212, FPI, GNPF Ulama atau kelompok lainnya.

Bagikan berita ini:
1
4
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar