Sering Terjadi Ketegangan terkait Agama di Ruang Publik, Politikus Demokrat: Banyak Mengatakan Lebih Adem dan Teduh di Era Pak SBY

Kamis, 16 September 2021 22:19

Wasekjen Demokrat, Jansen Sitindaon. (Twitter).

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Politikus Partai Demokrat, Hansen Sitindaon menilai, di era pemerintahan Jokowi kerap terjadi ketegangan terkait agama di ruang publik. Jansen meminta pemerintah agar hati-hati mengolah isu agama.

“Semakin hari saya melihat, soal urusan agama ini semakin tegang. Terus tumbuh intoleransi berdasarkan sentimen dan prasangka keagamaan. Jika tidak ditangani benar, ke depan ini akan jadi problem integrasi kita senagai bangsa. Hati-hati tabrakan maut, pemerintah. Bisa fatal akibatnya,” ujar Jansen lewat keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (16/9/2021).

Jansen mengatakan, tidak gampang memang memimpin bangsa ini. Sejak awal lahirnya, sudah ada beragam berbeda-beda. Dari masa ke masa.

“Jadi tugas siapapun yang sedang memegang kekuasaan mengelolanya. Kerukunan ini “software” kita berbangsa. Dia lunak karenanya rentan virus,” terangnya.

Jansen mengatakan, pemerintah jangan menganggap situasi saat ini baik-baik saja. Menurutnya, di era Jokowi, indeks demokrasi dan keakraban antara warganegara terus menurun.

“Kalau pemerintah ini merasa situasinya masih baik-baik saja, ya silahkan saja kalian terus jalan dengan langgam sekarang. Tapi kami Partai Demokrat yang juga pernah ngelola bangsa ini mengingatkan: selain soal indeks Demokrasi, keakraban antar warganegara kita terus turun, terbelah dalam perbedaan,” ucapnya.

Bagikan berita ini:
10
8
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar