Waspada! Sakit Kepala Hebat Bisa Pecah Pembuluh Darah Otak

Kamis, 16 September 2021 15:36
Waspada! Sakit Kepala Hebat Bisa Pecah Pembuluh Darah Otak

ILUSTRASI.

Dampaknya pun bisa dibilang tidak ringan. Aneurisma memang tidak selalu berujung pada kematian. Namun kualitas hidup penderitanya juga menjadi tantangan tersendiri bagi keluarga. Salah satunya adalah ancaman kecacatan.

“Kecacatan, perawatan, tenaga, dan biaya besar menjadi faktor penting yang perlu dipahami oleh penderitaaneurisma otak,” jelas dr. Mursyid dalam rangka Brain Aneurysm Awareness Month.

Pengobatannya

Head of Neurosurgeon RS Pusat Otak Nasional (PON) dr. Abrar Arham, SpBS mengatakan selain meningkatkan awareness masyarakat akan aneurisma otak ini, kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia juga harus ditingkatkan agar dapat mendeteksi dini, melakukan edukasi pencegahan. Lalu penanganan komprehensif aneurisma terutama pada penderita yang telah mengalami pecahnya aneurisma otak, atau akan lebih baik bila dapat ditangani sebelum aneurisma tersebut pecah.

Menurutnya, penanganan kasus aneurisma otak ini membutuhkan kolaborasi multidisiplin melibatkan dokter bedah saraf, neurointervensionist, neurologist, intensivist, dan lain sebagainya. Di samping itu diperlukan berbagai peralatan dan fasilitas penunjang yang memadai dan mutakhir.

Bagikan berita ini:
10
2
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar