Bentuk Solidaritas, Pegawai KPK Unggah Gambar Pita Hitam

Jumat, 17 September 2021 20:18

Pegawai KPK meramaikan status whatsapp mereka dengan gambar pita hitam. Aksi solidaritas ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap koleganya yang dipecat oleh pimpinannya tanpa dasar hukum yang jelas (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sejumlah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan aksi dengan mengunggah gambar pita hitam di akun WhatsApp masing-masing. Aksi ini dikakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap 57 pegawai yang akan diberhentikan dengan hormat pada 30 September 2021.

“Aksi spontan, tidak direncanakan. Dilakukan oleh pegawai KPK sebagai bentuk kepedulian dan empati terhadap kondisi pegawai 57 dan kondisi lembaga KPK saat ini,” kata seorang pegawai KPK yang enggan disebutkan identitasnya, Jumat (17/9).

Pegawai tersebut mengakui, aksi ini merupakan bentuk dukungan terhadap 57 pegawai KPK. Hal ini juga sekaligus memberi sinyal sebagai kecintaan terhadap lembaga KPK yang sedang krisis kepercayaan publik.

Bahkan, pegawai ini pun meminta agar Pimpinan KPK yang dikomandoi Firli Bahuri meninjau ulang pemecatan terhadap 57 pegawai KPK. Terlebih bisa menjalankan rekomendasi Ombudsman RI dan Komnas HAM terkait temuan asesmen tes wawasan kebangsaan (TWK) yang dinilai malaadminitrasi dan melanggar HAM.

“Pemecatan ditinjau ulang, penuhi hak rekan 57 (termasuk pelantikan sebagai ASN), dan pimpinan KPK melaksanakan rekomendasi presiden, ombudsman, MK, komnas HAM, dan MK. Pegawai juga berharap agar pimpinan yang terbukti melakukan pelanggaran etik dapat segera diganti,” harap pegawai KPK tersebut.

Bagikan berita ini:
4
3
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar