Kolaborasi untuk Berbagi di Masa Pandemi

Jumat, 17 September 2021 09:38

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Kolaborasi jadi satu kata kunci dalam penanggulangan Covid-19. Pandemi yang menekan berbagai sektor tidak hanya kesehatan dan perekonomian menjadi tantangan untuk diselesaikan. Kondisi ini terasa sulit diatasi bila semua pihak bekerja secara parsial.

Sebagai cikal bakal semangat kolaborasi, bangsa Indonesia memiliki jiwa gotong royong dan solidaritas tinggi. Jiwa ini mendorong masyarakat bergerak secara organik, berupaya meringankan beban sesama, berdampingan dengan bantuan serta dukungan yang disalurkan oleh pemerintah.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, solidaritas harus diperkuat dalam penanganan COVID-19. Sinergitas antar kementerian, Pemerintah Daerah, masyarakat, juga para pelaku bisnis, harus terus ditingkatkan. Pemerintah, selain memberikan bantuan sosial kepada masyarakat, dapat berperan sebagai hub atau penghubung. Artinya, mempertemukan pihak yang memiliki sumber dana, dengan pihak dengan aset sumber daya manusia, untuk kemudian mengatur gerakan bersama menyalurkan bantuan sesuai klaster-klaster yang memerlukan.

Hal ini ditegaskan Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Peningkatan Olahraga Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (RMPKPO Kemenko PMK), Didik Suhardi dalam Dialog Virtual Kabar Kamis Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) – KPCPEN, Kamis (16/9/21).

Bagikan berita ini:
2
4
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar