Digugat Cucu Bj Habibie dkk, Presiden Jokowi dan Gubernur Anies Divonis Bersalah

Sabtu, 18 September 2021 14:07
Digugat Cucu Bj Habibie dkk, Presiden Jokowi dan Gubernur Anies Divonis Bersalah

Melanie Subono. (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)

“Padahal kita bahkan enggak ada pabrik. Makanya kota-kota sebelah yang mengirimkan kita imbas, pun tergugat. Plus KLHK (Kementrian Lingkungan Hidup). Sedih liat angka kematian bayi tinggi dll. ISPA. Orang lansia. dan lainnya,” ujarnya.

Melanie Subono akui, selama menggugat, dirinya juga tidak banyak merokok dan tak menggunakan mobil sebagai ikhtiarnya mengurangi polusi di Kota Jakarta.

“Di awal mulai gugatan ini, gue sudah enggak punya mobil. Enggak punya hairdryer, microwave dan lain-lain. Dan hari ini gue sudah berhasil mengurangi rokok dari dua bungkus jadi 5 batang dan gradually harus turun,” tuturnya.

Dia memastikan ini bukan politis, melainkan dirinya ingin semua sadar bahwa kita semua berhak atas udara bersih dan para petinggi itu lalai.

“Bahkan tidak memberi info polusi yang ada di UU kok. Mau bantu? Downlot di aplikasi-aplikasi kayak airvisual atau nafas. Karena kalian berhak! Monitor terus,” jelasnya.

“Masa sudah tanah enggak punya, air bayar, hutan dijual, masa napas pun enggak dapat hak. Lakukan part kita. Stop bakar sampah. Tanam pohon,” timpalnya.

Bagikan berita ini:
7
5
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar