Kapal Asing Berkeliaran, Bakamla Pastikan Perairan Laut Natuna Utara Aman Terkendali

Senin, 20 September 2021 19:57

DIHALAU: Petugas mengawasi kapal Coast Guard Tiongkok di Laut Natuna Utara Senin (14/9). (BAKAMLA FOR JAWA POS)

FAJAR.CO.ID, NATUNA — Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya Aan Kurnia memastikan situasi perairan di Laut Natuna Utara sudah aman terkendali. Hal ini menjawab mengenai adanya informasi kapal asing berbendera Tiongkok dan Vietnam yang masuk ke perairan Natuna Utara dekat dengan Laut China Selatan.

“Saya tegaskan Laut Natuna Utara aman terkendali,” ujar Aan di Gedung DPR, Senin (20/9).

Aan menuturkan, nelayan-nelayan bisa kembali untuk mencari ikan di periairan Natuna Utara tersebut. Termasuk aparat akan menjaga para nelayan-nelayan tersebut untuk melakukan aktivitasnya.

“Saudara-saudara silakan bergiat di sana, kita jamin aman. Kita siap amankan mereka di sana,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan membawa pulang teknologi kapal perang canggih jenis Frigate tipe Arrowhead 140 dari Inggris. Kapal ini akan diterjunkan di Perairan Laut Natuna Utara.

Dasco menuturkan, Frigate tipe Arrowhead 140 bikinan Inggris yang akan datang ke Indonesia, adalah kapal perang ringan tercanggih yang ada saat ini. Arrowehad 140 juga dipersenjatai dengan rudal-rudal anti pesawat juga torpedo anti kapal selam yang membuatnya mampu memberikan pertahanan terhadap ancaman udara dan laut.

Bagikan berita ini:
10
1
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar