Kasus Kebakaran Lapas Tangerang, Polda Metro Jaya Minta Keterangan Ahli IPB dan UI

Senin, 20 September 2021 22:10

Foto udara pasca kebakaran di Lapas Klas 1 A Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). Sebanyak 41 warga binaan tewas akibat kebakaran di Blok C 2 Lapas Dewasa Klas 1 Tangerang pada pukul 01.45 WIB Rabu (8/9/2021) dini hari. (SALMAN TOYIBI/JAWAPOS)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Penyidik Polda Metro Jaya memintai keterangan saksi ahli dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI) terkait penyidikan kebakaran yang menewaskan 49 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Banten.

“Kami periksa ahli dari IPB dan UI tentang kebakaran tersebut. Kenapa itu dibutuhkan? Untuk menentukan sumber api dan perkiraan waktu kebakaran,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat di Jakarta, Senin.

Tubagus mengatakan berdasarkan keterangan saksi ahli pihak kepolisian sudah bisa menyimpulkan perkiraan waktu terjadinya kebakaran dan penyebab kebakaran. “Kedua hal ini dikaitkan, kalau sudah tahu waktunya, sudah tahu penyebab kebakarannya, kenapa orang itu meninggal dunia dikarenakan tidak keluar karena dalam keadaan kondisi tertentu dikaitkan SOP yang ada di lapas,” ujarnya.

Dia juga mengatakan hingga saat ini dugaan sementara para ahli tentang penyebab kebakaran masih sama seperti sebelumnya yakni korsleting listrik. “Apakah berubah sebab kebakaran? Tidak, sebab kebakaran tetap sementara ini diduga kuat dengan keterangan ahli bahwa diduga akibat korlseting listrik,” kata dia.

Bagikan berita ini:
3
9
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar