7 Calon Hakim Agung Dipilih Komisi III DPR, Dua Diantaranya Pernah Adili Ahok

Selasa, 21 September 2021 14:15

Gedung Mahkamah Agung

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Komisi III DPR telah melaksanakan salah satu tugas konstitusionalnya, yakni memilih tujuh calon Hakim Agung. Keputusan itu selanjutnya akan disampaikan pada Rapat Paripurna, Selasa (21/9).

Ketua Komisi III DPR Herman Herry mengatakan, proses pemilihan calon Hakim Agung tersebut dilakukan secara profesional dan transparan. Hal itu bertujuan agar para calon Hakim Agung yang dipilih adalah yang kredibel dan berintegritas.

“Seperti bisa kita pantau bersama, Komisi III telah melaksanakan proses fit and proper test secara transparan dan bisa disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia,” kata Herman, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (21/9).

Politikus PDI Perjuangan itu juga menyampaikan, hasil ini merupakan kesepakatan dari seluruh fraksi yang ada di Komisi III. Dimana, setiap Fraksi memiliki hak yang sama dalam menyetujui atau menolak Calon Hakim Agung.

“Tentunya setiap fraksi memiliki penilaian sendiri dalam menilai setiap calon. Tetapi, kami telah sepakat dalam proses ini kami berfokus pada tiga aspek, yaitu Pemahaman Calon terhadap tugas dan fungsi sebagai Hakim Agung, Integritas Calon, dan Rekam Jejak,” terangnya

Bagikan berita ini:
9
3
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar