Atasi Over Kapasitas di Rutan dan Lapas

Selasa, 21 September 2021 18:32

Arman

Oleh: Arman

(ASN Kanwil Kemenkumham Sulsel)

Musibah kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tangerang, Banten menjadi duka mendalam bagi jajaran Kemenkumham, para korban adalah bagian dari keluarga Kumham, Warga Kumham yang sedang menjalani pembinaan untuk menjadi pribadi yang lebih baik, yang dapat di terima kembali di tengah keluarga dan masyarakat.

Mengambil hikmah dari musibah ini, menjadi momentum untuk berbenah, tidak hanya soal sistem pemasyarakatan tunggal, tetapi menyangkut konsep yang lebih besar, terkait sistem politik hukum kita secara menyeluruh.

Seperti yang diberitakan dari media lokal hingga media sekelas Newyork Times, masalah utama yang sedang dihadapi yaitu ‘over capacity’. Jumlah penghuni Lapas Tangerang saat terjadi musibah kebakaran (8/9) sebanyak 2.069 orang, sementara kapasitas hunian ideal 600 orang, mengalami kelebihan kapasitas hingga 245 persen.

Status over capacity terjadi hampir di seluruh Lapas dan Rutan (Rumah Tahanan) di Indonesia, Jumlah penghuni Lapas dan Rutan saat ini di 33 Kantor Wilayah 267.000, sementara kapasitas daya tampung ideal 132.000, over capacity lebih dari 100%. (Dirjenpas 15/9)

Bagikan berita ini:
2
6
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar