DPR Sahkan Tujuh Calon Hakim Agung yang Diajukan Komisi Yudisial, Ini Daftarnya

Selasa, 21 September 2021 17:40

Ilustrasi calon hakim agung

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sebanyak tujuh dari sebelas calon hakim agung yang diajukan Komisi Yudisial (KY), disetujui menjadi hakim agung pada Selasa (21/9) di Gedung DPR, Jakarta.Tujuh calon hakim agung itu dipilih, setelah sebelumnya menjalani rangkaian uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test oleh Komisi III DPR.

Terkait pemilihan ini, awalnya Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menyampaikan laporan Komisi III yang telah melaksanakan uji kelayakan terhadap 11 calon Hakim Agung.

“Dilanjutkan dengan rapat pleno untuk mendengarkan pendapat dan pandangan fraksi-fraksi guna memberikan persetujuan atau tidak memberikan persetujuan atau memberikan persetujuan sebagiannya dari 11 orang calon Hakim Agung tahun 2021,” kata Adies di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/9).

Menurut Adies, proses uji kelayakan terhadap calon Hakim Agung ini merupakan rangkaian dalam memberikan persetujuan sebagaimana diamanatkan UUD 1945 dan putusan MK.

“Oleh karena itu, Komisi III DPR RI menyadari dan memahami bahwa kecapakan, kemampuan, integritas, wawasan kebangsaan, dan moral calon Hakim Agung merupakan prasyarat penting untuk menjadi Hakim Agung pada MA RI,” ucap Adies

Bagikan berita ini:
10
2
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar