Enam Macam Orang Bahagia Menurut Kitabullah

Selasa, 21 September 2021 09:46

Ilustrasi orang bahagia

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Al-Quran menjelaskan kata bahagia dengan berbagai macam definisi, misalnya “sa’adah” yang berarti kebahagiaan yang kekal, atau juga ada “falah” yang berarti mencapai kebahagiaan dengan menemukan apa yang dicari.

Merujuk kepada Kitabullah, maka Allah membagi orang-orang yang bahagia menjadi enam macam.

Yang pertama adalah orang yang khusyuk dalam salatnya. Kedua, orang yang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tidak berguna.

Ketiga, orang yang menunaikan zakat. Keempat, orang yang menjaga kemaluannya kecuali terhadap istri atau budak yang dimilikinya.

Kelima, orang yang memelihara amanah dan janji yang dipikulnya. Keenam, orang yang memelihara salatnya, yang juga telah Allah jelaskan dalam al-Qur’an surat Al Mu’minun ayat 1-9.

Anisia Kumala, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka Jakarta pada Kajian Islam Subuh Uhamka, Minggu (19/9/2021) menjelaskan, definisi kebahagiaan yang berbeda-beda tiap orang juga mempengaruhi cara untuk mencapai kebahagiaan tersebut berbeda.

“Ada yang mencari kebahagiaan dengan melakukan berbagai macam hal yang mereka sukai, ada yang mencari kebahagiaan dengan bertemu keluarga, bahkan ada yang dengan tidak melakukan apa-apa, sudah mencapai titik kebahagiaannya,” terang Anisia.

Bagikan berita ini:
1
8
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar